Mengatasi Blackscreen / Screen Blackout Pada Xiaomi Mi A1 | Gadget Androidz

Mengatasi Blackscreen / Screen Blackout Pada Xiaomi Mi A1

Pernahkah kalian mengalami blackscreen atau layar menjadi hitam ketika membuka kunci pada layar Smartphone Xiaomi Mi A1 kalian? Jika pernah berarti kita satu nasib sob 😂. Mungkin bagi kalian yang tidak begitu paham dengan sistem android atau baru pertama kali memakai ponsel berbasis android akan sedikit kaget dengan hal ini karena layar ponsel kita hanya berubah menjadi hitam dan kita tidak bisa masuk ke homescreen. Tapi jika yang sudah sering oprek biasanya tidak khawatir karena bisa diakali dengan cara pencet tombol power dan tahan selama 10 detik maka ponsel akan restart dengan sendirinya sehingga ponsel akan kembali normal. Akan tetapi jika dibiarkan maka problem ini akan terus terulang. Memang kalian mau restart-restart ponsel kalian terus? Atau kalau sedang penting-pentingnya terjadi blackscreen bagaimana?

Nah blackscreen ini terjadi karena adanya bug pada ambient display Mi A1. Apa itu ambient display? Ambient display merupakan sebuah fitur dimana dapat menampilkan informasi (berupa notifikasi) pada layar ponsel atau tablet android, tanpa harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Jadi intinya, ketika ponsel kita dalam keadaan idle/standby ada notifikasi masuk, otomatis ponsel akan menyala. Fitur ini kalau bagi saya ga guna-guna amat sih sob karena sudah ada LED Notification Light yang memberitahukan kita kalau ada notifikasi masuk. Tapi ya kalau sekarang sih, ga ada fitur ini ponsel terasa jadul-jadul gimana gitu.

Baik kita lanjut ke topik untuk cara mengatasi blackscreen. Caranya sangat mudah sekali, akan tetapi ini bisa dikatakan ini tidak memperbaiki secara 100%. Karena tujuan kita hanya mematikan fitur ini, sampai ada update dari pihak Xiaomi dan Google untuk memperbaikinya. Untuk mengatasinya:
  1. Buka aplikasi pengaturan pada ponsel
  2. Cari menu tampilan/display
  3. Matikan fitur Ambient Display atau Tampilan Ruang jika kalian memakai bahasa indonesia pada ponsel kalian.
  4. Selesai silahkan restart ponsel kalian
Nah itu sedikit hal yang bisa saya bagikan, maafkan jika sekarang jarang update karena saya terbentur kesibukan. Akhir kata saya ucapkan terima kasih karena sudah mengunjungi situs ini.

0 Response to "Mengatasi Blackscreen / Screen Blackout Pada Xiaomi Mi A1"

Post a Comment