WhatsApp Memberikan 5 Fitur Baru Untuk Pengguna Android | Gadget Androidz

WhatsApp Memberikan 5 Fitur Baru Untuk Pengguna Android

Setelah sebulan melakukan pengujian beta, WhatsApp akhirnya meluncurkan versi v2.12.250 untuk pengguna Android, yang membawa sejumlah fitur untuk aplikasi messaging populer. Tidak hanya anda mendapatkan kontrol lebih besar atas pesan pilihan Anda, anda juga akan mendapatkan beberapa emoticon baru dan pengurangan jumlah data yang digunakan ketika anda melakukan panggilan dengan WhatsApp Call.

Ada pun 5 fitur yang terdapat pada update terbaru WhatsApp yaitu sebagai berikut: 
  1. Mark as Unread
    Dengan update terbaru, pengguna Android bisa menandai pesan sebagai belum dibaca (mark as unread) untuk pesan-pesan yang sudah terlanjur anda baca sebelumnya. Untuk lebih jelasnya, fitur ini tidak membuat pesan tampak seolah-olah anda belum membaca pesan tersebut, pesan anda akan tetap tercatat sudah terbaca oleh si pengirim. Sebaliknya, fitur ini bertujuan agar dapat digunakan untuk menyorot pesan sehingga anda bisa mendapatkan dan mengingat kembali pesan tersebut apabila sebelumnya anda tidak sempat membalas pesan tersebut. Akan tetapi, menandai pesan sebagai belum dibaca (mark as unread) tidak akan mengubah urutan percakapan pada aplikasi.
  2. Custom Notifications
    WhatsApp membawa seluruh pengaturan dari pilihan kustomisasi mereka, dimana anda dapat mengatur nada dering khusus untuk kontak. Anda dapat memilih lagu apapun dari playlist anda, sehingga anda tahu pesan dan panggilan dari orang tertentu bahkan tanpa melihat smartphone tersebut. Demikian pula, anda dapat mengatur warna lampu pemberitahuan, panggilan kustom dan nada dering pesan, mengaktifkan atau menonaktifkan getaran dan pop-up pemberitahuan untuk setiap kontak.
  3. Mute Individual Contacts
    Sebelumnya, aplikasi whatsapp hanya mampu untuk mematikan percakapan grup. Tetapi dengan update terbaru, pengguna android dapat mematikan notifikasi kontak individu juga. Jika Anda ingin menonaktifkan notifikasi dari setiap orang di daftar kontak anda, anda dapat lakukan dengan cara memeriksa menu Mute bar di menu 'About'. Geser menu Mute bar ke kanan dan anda akan melihat durasi yang dimana anda dapat pilih untuk menonaktifkan chat selama 8 jam, seminggu, atau satu tahun.
  4. Konsumsi Data Yang Lebih Rendah Dalam Melakukan Panggilan WhatsApp
    Jika anda membuat banyak panggilan WhatsApp dan ingin mengurangi konsumsi data anda, WhatsApp telah menambahkan opsi tersebut pada update terbarunya. Di bawah menu Chatting dan Call dalam Pengaturan, anda akan melihat pilihan baru yang disebut 'Low Data Usage' di bagian bawah . Cukup klik kotak tersebut dan Anda akan dapat menyimpan beberapa data sambil membuat panggilan suara menggunakan aplikasi WhatsApp.
  5. Beragam Emoticon Baru








    Update terbaru membawa satu set emoticon baru pada WhatsApp untuk Android, seperti hormat ala Spock, emoticon jari tengah, emoticon wajah yang lebih beragam, dan lain-lain. Selain itu, beberapa emoticon wajah sekarang datang dalam warna kulit yang berbeda.

Meskipun kita melihat integrasi Google Drive dalam tahap pengujian beta, tetapi update Whatsapp terbaru untuk Android tidak mencantumkan itu. Kita hanya bisa berharap fitur tersebut untuk diluncurkan kembali dalam waktu dekat, dan membuat back up chatting, gambar, video, pesan suara, dan lain-lain menjadi jauh lebih mudah.

1 Response to "WhatsApp Memberikan 5 Fitur Baru Untuk Pengguna Android"