Waspadai Bahaya Ransomware Pada Perangkat Android | Gadget Androidz

Waspadai Bahaya Ransomware Pada Perangkat Android

ransomware-android.jpg

Ransomware bisa dikatakan salah satu jenis malware (perangkat lunak jahat) yang biasanya ada pada komputer yang melakukan infeksi dengan menyandera komputer, sehingga si pengguna komputer tidak dapat menggunakan komputernya kecuali si pengguna hanya akan melihat tanda tulisan peringatan penyanderaan tersebut. Biasanya ransomware akan meminta pemilik komputer untuk menebus dengan sejumlah uang agar komputernya bisa dibebaskan dari penyanderaan tersebut.

Dan sekarang tidak hanya komputer, Ransomware telah menjangkit dan menargetkan perangkat android sebagai sasarannya. Terutama bagi pengguna awam yang sering memasang aplikasi-aplikasi diluar "playstore" secara "liar", terutama aplikasi cracked/bajakan. Dan untuk pencegahannya, anda dapat menggunakan sebuah aplikasi antivirus seperti AVG dan Avast yang dapat didownload secara gratis di google playstore.

Baca juga: BlackBerry Venice Dengan OS Android Dikabarkan Akan Rilis Pada Bulan November

Lalu bagaimana jika ponsel sudah terlanjur terjangkit Ransomware? Ransomware dapat dihilangkan dengan sebuah aplikasi dari avast yang bernama avast! Ransomware Removal yang dapat anda unduh secara gratis di playstore. Aplikasi ini akan membantu Anda menyingkirkan ransomware yang sudah terpasang dan sedang menyandera ponsel Android anda.


Lalu bagaimana menggunakan aplikasi ini ketika bahkan playstore sendiri tidak bisa diakses? Ada beberapa tahap yang harus dilalui, untuk itu silahkan lihat langkah-langkah dibawah ini:
  • Pertama, akses playstore melalui komputer anda (silakan pakai komputer pribadi atau laptop). Masuk (login) ke dalam playstore menggunakan akun Google yang sama yang digunakan pada ponsel Android.
  • Temukan aplikasi avast! Ransomware Removal pada playsore, Lalu klik pasang (install). Aplikasi akan terpasang secara otomatis pada ponsel Android (jangan lupa koneksi internet pada ponsel juga harus aktif).
  • Setelah pemasangan selesai, buka aplikasi melalui pita pemberitahuan (notification bar) pada ponsel.
  • Aplikasi akan memandu anda untuk langkah-langkah selanjutnya.
  • Setelah selesai dan ponsel Android kembali normal, hapus aplikasi avast! Ransomware Removal.
Mengapa harus dihapus? Hal ini untuk menghindari jika ponsel sewaktu-waktu tersandera lagi oleh ransomware. Jangan sampai ketika ponsel tersandera tapi yang berfungsi membebaskannya ikut tersandera. Dan bagi yang ponsel androidnya sedang tidak tersandera, maka tidak disarankan memasangkan memasang aplikasi ini karena tidak akan bermanfaat dan hanya memakan banyak RAM.

Semoga postingan di atas bermanfaat ^_^

1 Response to "Waspadai Bahaya Ransomware Pada Perangkat Android"

  1. haduuuh... ransomware biasanya di sebar dimana gan?
    tks infonya juga

    ReplyDelete