Asisten Virtual Cortana Milik Microsoft Resmi Diluncurkan Untuk Android | Gadget Androidz

Asisten Virtual Cortana Milik Microsoft Resmi Diluncurkan Untuk Android

Para pengguna ponsel Android sekarang akan dapat menggunakan Asisten Digital Microsoft pada perangkat mereka. Setelah mengumumkan pada bulan Mei, perusahaan raksasa perangkat lunak Microsoft telah resmi meluncurkan versi beta dari Asisten Virtual mereka yaitu Cortana untuk platform android milik Google.

Gambaran aplikasi cortana yang berjalan pada perangkat android

Aplikasi Cortana untuk Android pada dasarnya akan memperluas fungsi Asisten Digital/Virtual di perangkat apapun yang anda bawa dan akan melakukan sebagian besar hal-hal yang dapat dilakukannya pada Komputer atau Windows Phone.

Microsoft mencatat bahwa Cortana pada Android memiliki banyak fungsi yang sama dengan versi Windows. Anda dapat menggunakan aplikasi untuk mengatur pengingat, pencarian web bahkan menambahkan item ke kalender anda. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur yang sama dengan "notebook", yang memungkinkan Anda men-tweak rekomendasi pribadi Cortana untuk restoran terdekat,  berita, informasi cuaca, olahraga, dan kategori lain berdasarkan kebiasaan dan minat anda tentunya. 

Namun demikian, ada beberapa keterbatasan untuk Android pada aplikasi ini. Anda tidak dapat menggunakan Cortana untuk menyesuaikan pengaturan telepon Anda, meluncurkan aplikasi lain atau menggunakan fitur perintah "Hei Cortana" untuk memulai pertanyaan selayaknya Google Now. Tapi Anda bisa membuat Asisten Virtual ini agar tampak sedikit lebih terasa seperti bagian asli dari Android yaitu dengan cara mengganti pintasan Google Now dengan Cortana ketika anda tekan lama pada tombol home.

Aplikasi ini masih dalam versi beta, perubahan dan perbaikan sangat diharapkan pada aplikasi ini. Dan untuk sementara Cortana saat ini hanya tersedia di AS, tetapi Microsoft mengatakan akan meluncurkan aplikasi ini secara bertahap ke lebih banyak negara lainnya di masa mendatang.

3 Responses to "Asisten Virtual Cortana Milik Microsoft Resmi Diluncurkan Untuk Android"

  1. Masih Menunggu Fix nya,,,, Untuk Zenfone 5 Lolipop masih banyak Bug nya

    ReplyDelete
  2. Masih kurang paham tentang asisten virtual cortana ini, namun sepertinya menarik sekali aplikasi ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampir mirip dengan aplikasi google now gan.. Menurut saya juga memang cukup menarik..

      Delete